Fakultas Teknik - Teknik Informatika, JUTECH-INFORMATICS Vol. 1 No. 1, Januari 2014 (Views: 227)
MEMBANGUN APLIKASI PENGENALAN SEJARAH PERADABAN KUNO DI INDONESIA BERBASIS MULTIMEDIA
Rahma Mutiawati
ABSTRAK
Berkembangnya teknologi informasi membuat komputer cenderung digunakan dalam proses belajar mengajar. Maka dari itu, dibuatlah sebuah aplikasi pengenalan sejarah peradaban kuno di Indonesia yang dapat menjadi alat bantu belajar dan penyampaian materi menjadi lebih menarik, interaktif dan dinamis sehingga peserta didik tidak merasa bosan. Pengenalan sejarah peradaban kuno di Indonesia sangatlah penting dalam dunia belajar mengajar di Sekolah Menengah Pertama. Karena dengan materi tersebut, kita dapat mengetahui awal mula terjadinya kehidupan di Indonesia serta peralatan yang digunakan. Metodologi yang digunakan dalam membangun aplikasi ini adalah MDLC (Multimedia Development Life Cycle) meliputi concept, design, material collecting, assembly, testing dan distribution. Program pengembang sistemnya menggunakan Adobe Flash CS 5 dan 3ds Max 2010. Aplikasi ini dapat memberikan informasi tentang penjelasan dan hasil kebudayaan dari zaman batu dan zaman logam yang berkembang di Indonesia dengan tampilan yang menarik dan interaktif.
Kata kunci: Sejarah Peradaban Kuno Di Indonesia, Aplikasi, MDLC, Adobe Flash CS5, 3DS Max 2010