Fakultas Ilmu Komunikasi - Desain Komunikasi Visual, KOMPOSISI Vol. 1 No. 1, Januari 2014 (Views: 214)
DESAIN KOMUNIKASI VISUAL DALAM PERANCANGAN KAMPANYE SOSIAL DAN MEDIA PROMOSI PARALAYANG INDONESIA
Choirul Anwar
ABSTRAK
Wilayah Indonesia memiliki begitu banyak lokasi indah dan penuh tantangan di mana anda bisa memacu adrenalin sambil menikmati pemandangan alam yang indah, maka dari itu Indonesia sangat potensial untuk perkembangan olahraga paralayang..Olahraga paralayang adalah salah satu cabang olahraga terbang bebas.Paralayang dapat diartikan sebagai sebuah parasut yang dapat diterbangkan dan dapat mengangkat badan penerbang.Parasut atau pesawat ini lepas landas dan mendarat menggunakan kaki penerbang.Olahraga paralayang lepas landas dari sebuah lereng bukit atau gunung dengan memanfaatkan angin, dan yang menariknya lagi adalah semua yang dilakukan itu tanpa menggunakan mesin, hanya semata-mata memanfaatkan angin. Dibalik dari kenikmatan petualangan alam bebas yang dapat memanjakan mata dengan pesona keindahan yang disajikan oleh paralayang, sedikit sekali orang yang tahu kegiatan olahraga ini. Dimulai dari lokasi yang kita tidak tahu untuk dilakukan kegiatan ini, kapan kegiatan ini selalu dilakukan, peralatan apa saja yang mesti disiapkan sebagai pemula, dan yang utama bagaimana mengenai keamanannya. Semua pertanyaan ini seolah memaksa diri kita untuk tidak bisa menikmati keindahan panorama dan sensasi petualangan yang berbeda. Maka dari itu Dinas Pariwisata bekerjasama dengan komunitas paralayang Indonesia mencoba menggarap dan membuat kampanye sosial untuk memperkenalkan lebih jauh tentang paralayang, serta membuat media promosi untuk mendukung kegiatan dari kampanye sosial paralayang Indonesia tersebut. Oleh karena itu diperlukan sekali perancangan media promosi untuk kegiatan paralayang ini agar lebih dikenal oleh masyarakat, dan menarik wisatawan untuk mencobanya dan menikmati panorama Indonesia.
Kata kunci: Olahraga Paralayang, Petualangan Alam Bebas