Fakultas Ilmu Komunikasi - Desain Komunikasi Visual, KOMPOSISI Vol. 1 No. 1, Januari 2014 (Views: 247)
PERANCANGAN KOMUNIKASI VISUAL DALAM KAMPANYE SOSIALISASI PROSES PEMBUATAN KTP ELEKTRONIK (E-KTP) UNTUK MASYARAKAT DI DKI JAKARTA DAN SEKITARNYA
Asep Saepuloh
ABSTRAK
Indonesia merupakan negara kesatuan dan memiliki jumlah penduduk yang sangat banyak untuk itu diperlukan suatu data yang akurat untuk mengetahui jumlah penduduk di wilayah Indonesia yaitu melalui identitas administrasi kependudukan yang disebut Kartu Tanda Penduduk Elektronik (e- KTP). Perancangan kampanye sosialisasi proses pembuatan e-KTP untuk masyarakat di DKI Jakarta dan sekitarnya bertujuan untuk memberikan suatu informasi dan juga menarik perhatian masyarakat mengenai pentingnya mendaftarkan diri serta berpartisipasi dalam proses pelaksanaan pembuatan e- KTP. Perancangan kampanye sosialisasi proses pembuatan e-KTP ini dirancang dalam berbagai macam media promosi yang menarik dan diharapkan dapat memberikan manfaat serta informasi yang berguna bagi masyarakat. Media-media tersebut menjelaskan informasi serta keunggulan mengenai e-KTP sehingga menarik perhatian dan kesadaran masyarakat untuk berperan aktif dalam program pemerintah administrasi kependudukan di wilayah Indonesia. Konsep perancangan dibuat berdasarkan khalayak sasaran yang dituju yaitu orang dewasa yang sudah berusia 17 tahun dan wajib mempunyai kartu identitas sebagai jati diri suatu bangsa dan melalui perancangan ini diharapakan dapat membantu program pemerintah untuk mensosialisasikan segala hal yang berhubungan dengan e-KTP beserta konsep perancangan dan media pendukung lainnya.
Kata kunci: Perancangan, Kampanye Sosialisasi, Proses Pembuatan E-KTP, Media Promosi