Fakultas Ilmu Komunikasi - Desain Komunikasi Visual, KOMPOSISI Vol. 1 No. 1, Januari 2014 (Views: 528)
PERANCANGAN MEDIA PROMOSI KAMPANYE PENANGGULANGAN NARKOBA DI KALANGAN REMAJA
Amirah A. Hamid
ABSTRAK
Pada tahun 2010, pengguna narkoba berjumlah 4 juta orang, 33.235 para pencandu narkoba itu berusia antara 11 sampai 24 tahun artinya usia tersebut ialah usia produktif atau usia pelajar. Fakta ini merupakan kenyataan yang pahit untuk pemerintah, maka dibuatlah solusi yang modern dan efektif untuk mengkampanyekan penjauhan narkoba terhadap remaja melalu kegiatan kampanye media promosi. Dalam penggunaan skripsi ini digunakan Teori Umum seperti Teori Komunikasi, Promosi, Desain sedangkan Teori Khususnya yaitu Teori Kampanye, narkoba dan Remaja. Dalam perancangan kampanye penyalahgunaan narkoba terhadap remaja ini strategi komunikasinya adalah memberikan pengetahuan akan bentuk negatif yang diakibatkan dari penyalahgunaan narkoba dan memberikan kesadaran terhadap pemerintah, masyarakat, sekolah dan orang tua tentang pentingnya dukungan terhadap remaja. Strategi kreatif yang digunakan mengangkat tema ’Jauhi Narkoba’. Untuk media kampanyenya digunakan digunakan media yang multifungsi, selain memberikan pesan kepada target audience tetapi juga bisa langsung dipakai seperti pin, laptop skins laptop case, stiker, paper bag, dan folder. Diharapkan melalui media ini dapat menarik perhatian remaja pada khususnya untuk menjauhi narkoba dan masyarakat, sekolah dan pemerintah pada umumnya untuk memberikan perhatian untuk membantu menyelesaikan masalah ini.
Kata kunci: Perancangan, Media Promosi, Kampanye, Penanggulangan Narkoba